Persiapan awal perkuliahan SEMESTER II
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Materi : Ruang Lingkup Perkembangan Peserta Didik
Bobot : 2 sks
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Tujuan Perkuliahan :
source image : http://1.bp.blogspot.com/-at24F6eT2eQ/T-vULyS-1xI/AAAAAAAAAAc/xrqycCizAMw/s320/child_development_stages.jpg
Mengapa kita mempelajari Perkembangan Peserta Didik?
artinya kita harus memahami bagaimana perkembangan peserta didik tersebut dari awal kita mendidik sampai akhir. ini menjadi kunci bagi pendidik untuk mengevaluas dan mengembangkan pendidikannya. dan perkembangan dari peserta didik menjadi acuan pendidik untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan peserta didik itu. jadi memberikan pembelajaran yang bertahap dari dasar dan pengenalan sampai pembelajaran tngkat lanjut yang notabene perlu pemahaman lebih..
dari situ juga pendidik bisa mengarahkan, bagaimana proses belajar selanjutnya,
KIRA KIRA APA SAJA YA MANFAAT PPD?
ya begitu dulu ya berbaginya sob, silahkan dikembangkan dengan mencari refrensi akurat lainya. oh ya apabila ada kekurangan kesalahan mohon dikoreksi, karena mimin juga dalam tahap belajar :)
saekian terima kasih, see you next time guys
Salam Bio 14
Wassalamu'alaykum wr.wb
Selamat malam dan sampai jumpa
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Materi : Ruang Lingkup Perkembangan Peserta Didik
Bobot : 2 sks
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep,
pengertian, ruang lingkup perkembangan peserta didik, dan mampu
mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran, menganalisa permasalahan, dan
menyusun bentuk penugasan serta pembimbingan terkait perkembangan peserta didik
1. Mahasiswa
mampu menjelaskan ruang lingkup perkembangan peserta didik
2.
Mahasiswa mampu mendefinisikan “perkembangan” dan
“peserta
didik”
3. Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep dasar manusia dan peserta didik sebagai individu
4. Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat peserta didik dalam konteks pembelajaran
Pokok Bahasan :
1.
Ruang
Lingkup
Perkembangan
Peserta
Didik
2.
Konsep
dasar
manusia
dan
peserta
sebagai
individu
3.
Hakikat
peserta
didik
Selamat malam sobat,
mimin mau sekedar berbagi materi persiapan semester II secara garis besarnya saja ya, silahkan dikembangkan dengan mempelajari dr berbagai refrensi. yuk monggo cus
RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
sebelum masuk materi coba sobat definisikan arti Perkembangan peserta didik? apa kira-kira ya?..
sebelumnya mimin mau tanya apa sih arti perkembangan?
apa arti peserta didik? dan
apa arti mimin dihati kalian? *wah salah tanya, heheh (just for fun)
hehe sudah mendapat jawabanya? coba sobat semua siapkan kertas/buku..
tuliskan dulu jawaban pertanyaan pertanyaan mimin diatas *tidak termasuk pertanyaan berwarna biru itu hehe..
sudah sudah?,
Lanjut ya?
1. Arti Perkembangan,
Pada dasarnya perkembangan merujuk kepada perubahan sistematik terntang fungsi-fungsi fisik dan psikis. Perkembangan Fisik meliputi perkembangan biologis dasar sebagai hasil dari konsepsi (pembuahan ovum oleh spresma), dan hasil dari interaksi proses biologis dan genetika danga lingkungan. sementara perubahan psikis menyangkut keseluruhan karakteristik psikologis individu, seperti perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan moral. (Syamsu Yusuf, 2011 :1)
Perkembangan juga dapat diartikan sebagai proses perubahan kuantitatif fan kualitatif individu dalam rentang kehidupannya, mulai dari masa konsepsi, masa bayi, masa kanak-kanak, masa anak, mmasa remaja sampai masa dewasa
tuliskan dulu jawaban pertanyaan pertanyaan mimin diatas *tidak termasuk pertanyaan berwarna biru itu hehe..
sudah sudah?,
Lanjut ya?
1. Arti Perkembangan,
Pada dasarnya perkembangan merujuk kepada perubahan sistematik terntang fungsi-fungsi fisik dan psikis. Perkembangan Fisik meliputi perkembangan biologis dasar sebagai hasil dari konsepsi (pembuahan ovum oleh spresma), dan hasil dari interaksi proses biologis dan genetika danga lingkungan. sementara perubahan psikis menyangkut keseluruhan karakteristik psikologis individu, seperti perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan moral. (Syamsu Yusuf, 2011 :1)
Perkembangan juga dapat diartikan sebagai proses perubahan kuantitatif fan kualitatif individu dalam rentang kehidupannya, mulai dari masa konsepsi, masa bayi, masa kanak-kanak, masa anak, mmasa remaja sampai masa dewasa
2 Arti Anak didik/Peserta didik
adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.sedangkan dalam arti sempit anak didik adalah anak (pribadi yang belum dewasa) yang diserahkan kepada tanggung jawab pendidik (Yusrina, 2006).
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sebagaimana
yang dikutip oleh Murip Yahya (2008 : 113), dijelaskan bahwa yang dimaksud peserta didik adalah
“anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia
pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu”.
RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Perkembangan Peserta Didik :
Perkembangan peserta didik melibatkan ilmu psikologi dan ilmu kependidikan
Perkembangan Peserta Didik adalah bagian dari psikologi perkembangan
Psikologi perkembangan : cabang ilmu psikologi yang mempelajari perubahan struktur dan proses psikologis/kejiwaan seseorang selama siklus hidupnya
APA YANG BERUBAH ?
adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.sedangkan dalam arti sempit anak didik adalah anak (pribadi yang belum dewasa) yang diserahkan kepada tanggung jawab pendidik (Yusrina, 2006).
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sebagaimana
yang dikutip oleh Murip Yahya (2008 : 113), dijelaskan bahwa yang dimaksud peserta didik adalah
“anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia
pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu”.
RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Perkembangan Peserta Didik :
Perkembangan peserta didik melibatkan ilmu psikologi dan ilmu kependidikan
Perkembangan Peserta Didik adalah bagian dari psikologi perkembangan
Psikologi perkembangan : cabang ilmu psikologi yang mempelajari perubahan struktur dan proses psikologis/kejiwaan seseorang selama siklus hidupnya
APA YANG BERUBAH ?
source image : http://1.bp.blogspot.com/-at24F6eT2eQ/T-vULyS-1xI/AAAAAAAAAAc/xrqycCizAMw/s320/child_development_stages.jpg
Jawab :
Perubahan
terjadi
pada
:
•ukuran
tubuh
•Morfologi
•jumlah
sel
•fisiologis
(fungsi
organ)
•mental/kejiwaan/emosi
Kemampuan
sosialisasi
•Intelektual
•Kemampuan
bahasa
•Sikap/perilaku
•Keyakinan/kepercayaan
diri
•Keterampilan
•Karakter/kepribadian
kelihatan jawawbannya? :) di blog ya pakai pointer mouse
•Guru
berinteraksi
dengan
siswa
yg
merupakan
makhluk
hidup
yg
berkembang
dan
tumbuh selalu
ada
perubahan
•Proses
pembelajaran
tdk
boleh
bersifat
statis,
tetapi
harus
menyesuaikan
dg perkembangan
peserta
didik
•Dalam
proses
pembelajaran
akan
muncul
problem yg
dihadapi
setiap
peserta
didikà
guru perlu
memahami
penyebab
problem tsb
dg mengetahui
PPD
artinya kita harus memahami bagaimana perkembangan peserta didik tersebut dari awal kita mendidik sampai akhir. ini menjadi kunci bagi pendidik untuk mengevaluas dan mengembangkan pendidikannya. dan perkembangan dari peserta didik menjadi acuan pendidik untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan peserta didik itu. jadi memberikan pembelajaran yang bertahap dari dasar dan pengenalan sampai pembelajaran tngkat lanjut yang notabene perlu pemahaman lebih..
dari situ juga pendidik bisa mengarahkan, bagaimana proses belajar selanjutnya,
•Guru
perlu
mengarahkan
siswa
untuk
menemukan
teknik/pengalaman
belajar
yg
tepat
sesuai
dg perkembangannya
•Guru
perlu
mengarahkan
siswa
untuk
mencapai
prestasi/pencapaian
yg
tinggi
berdasarkan
perkembangannya
•Perkembangan
siswa
sangat
kompleks,
guru perlu
memahaminya
secara
kompleks
melalui
PPD
KIRA KIRA APA SAJA YA MANFAAT PPD?
•Membantu
guru menyusun
strategi
pembelajaran
•Membantu
guru memberikan
bimbingan
kpd
siswa
yg
mengalami
masalah
dalam
pembelajaran
•Menjadi
acuan
guru melakukan
penilaian
•Menjadi
acuan
guru untuk
menyusun
materi
ajar
•Membantu
guru menetapkan
tujuan/target
pembelajaran,
dan
ekspektasi
hasil
yg
diharapkan
•Membantu
guru merespon
perilaku
siswa
dalam
pembelajaran
•Membantu
mengenali
ketidaknormalan/problem
yg
dihadapi
siswa
ya begitu dulu ya berbaginya sob, silahkan dikembangkan dengan mencari refrensi akurat lainya. oh ya apabila ada kekurangan kesalahan mohon dikoreksi, karena mimin juga dalam tahap belajar :)
saekian terima kasih, see you next time guys
Salam Bio 14
Wassalamu'alaykum wr.wb
Selamat malam dan sampai jumpa
seharusnya tulisannya di perbaiki agar orang2 yg ingin beljar bisa membacanya
ReplyDeletethank you so much
ReplyDeletesiap admin akan lanjutkan mengelola website ini semoga bermanfaat
ReplyDelete