Ruang Lingkup Perkembangan Peserta Didik

Persiapan awal perkuliahan SEMESTER II
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Materi : Ruang Lingkup Perkembangan Peserta Didik
Bobot : 2 sks
Semester : 2

Standar Kompetensi :
         Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, pengertian, ruang lingkup perkembangan peserta didik, dan mampu mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran, menganalisa permasalahan, dan menyusun bentuk penugasan serta pembimbingan terkait perkembangan peserta didik

Tujuan Perkuliahan :
1. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup perkembangan peserta didik
2. Mahasiswa mampu mendefinisikan “perkembangan”  danpeserta didik”
3. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manusia dan peserta didik sebagai individu

4. Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat peserta didik dalam konteks pembelajaran

Pokok Bahasan :
1. Ruang Lingkup Perkembangan Peserta Didik
2. Konsep dasar manusia dan peserta sebagai individu
3. Hakikat peserta didik

Selamat malam sobat,
mimin mau sekedar berbagi materi persiapan semester II secara garis besarnya saja ya, silahkan dikembangkan dengan mempelajari dr berbagai refrensi. yuk monggo  cus

RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

sebelum masuk materi coba sobat definisikan arti Perkembangan peserta didik? apa kira-kira ya?..
sebelumnya mimin mau tanya apa sih arti perkembangan?
apa arti peserta didik? dan
apa arti mimin dihati kalian? *wah salah tanya, heheh (just for fun)

hehe sudah mendapat jawabanya? coba sobat semua siapkan kertas/buku..
tuliskan dulu jawaban pertanyaan pertanyaan mimin diatas *tidak termasuk pertanyaan berwarna biru itu hehe..

sudah sudah?,


Lanjut ya?
1. Arti Perkembangan, 

Pada dasarnya perkembangan merujuk kepada perubahan sistematik terntang fungsi-fungsi fisik dan psikis. Perkembangan Fisik meliputi perkembangan biologis dasar sebagai hasil dari konsepsi (pembuahan ovum oleh spresma), dan hasil dari interaksi proses biologis dan genetika danga lingkungan. sementara perubahan psikis menyangkut keseluruhan karakteristik psikologis individu, seperti perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan moral. (Syamsu Yusuf, 2011 :1)

Perkembangan juga dapat diartikan sebagai proses perubahan kuantitatif fan kualitatif individu dalam rentang kehidupannya, mulai dari masa konsepsi, masa bayi, masa kanak-kanak, masa anak, mmasa remaja sampai masa dewasa

2 Arti Anak didik/Peserta didik

       adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.sedangkan dalam arti sempit anak didik adalah anak (pribadi yang belum dewasa) yang diserahkan kepada tanggung jawab pendidik (Yusrina, 2006).


Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sebagaimana
yang dikutip oleh Murip Yahya (2008 : 113), dijelaskan bahwa yang dimaksud peserta didik adalah
“anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia
pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu”.



RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
    Perkembangan Peserta Didik :

Perkembangan peserta didik melibatkan ilmu psikologi dan ilmu kependidikan
Perkembangan Peserta Didik adalah bagian dari psikologi perkembangan
Psikologi perkembangan : cabang ilmu psikologi yang mempelajari perubahan struktur dan proses psikologis/kejiwaan seseorang selama siklus hidupnya




APA YANG BERUBAH ?


source image : http://1.bp.blogspot.com/-at24F6eT2eQ/T-vULyS-1xI/AAAAAAAAAAc/xrqycCizAMw/s320/child_development_stages.jpg

Jawab :
Perubahan terjadi pada :
•ukuran tubuh
•Morfologi
•jumlah sel
•fisiologis (fungsi organ)
•mental/kejiwaan/emosi
Kemampuan sosialisasi
•Intelektual
•Kemampuan bahasa
•Sikap/perilaku
•Keyakinan/kepercayaan diri
•Keterampilan

•Karakter/kepribadian

kelihatan jawawbannya? :) di blog ya pakai pointer mouse

Mengapa kita mempelajari Perkembangan Peserta Didik?
•Guru berinteraksi dengan siswa yg merupakan makhluk hidup yg berkembang dan tumbuh selalu ada perubahan
Proses pembelajaran tdk boleh bersifat statis, tetapi harus menyesuaikan dg perkembangan peserta didik

•Dalam proses pembelajaran akan muncul problem yg dihadapi setiap peserta didikà guru perlu memahami penyebab problem tsb dg mengetahui PPD



artinya kita harus memahami bagaimana perkembangan peserta didik tersebut dari awal kita mendidik sampai akhir. ini menjadi kunci bagi pendidik untuk mengevaluas dan mengembangkan pendidikannya. dan perkembangan dari peserta didik menjadi acuan pendidik untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan peserta didik itu. jadi memberikan pembelajaran yang bertahap dari dasar dan pengenalan sampai pembelajaran tngkat lanjut yang notabene perlu pemahaman lebih.. 

dari situ juga pendidik bisa mengarahkan, bagaimana proses belajar selanjutnya, 
•Guru perlu mengarahkan siswa untuk menemukan teknik/pengalaman belajar yg tepat sesuai dg perkembangannya
•Guru perlu mengarahkan siswa untuk mencapai prestasi/pencapaian yg tinggi berdasarkan perkembangannya

•Perkembangan siswa sangat kompleks, guru perlu memahaminya secara kompleks melalui PPD


KIRA KIRA APA SAJA YA MANFAAT PPD?
•Membantu guru menyusun strategi pembelajaran
•Membantu guru memberikan bimbingan kpd siswa yg mengalami masalah dalam pembelajaran
•Menjadi acuan guru melakukan penilaian
•Menjadi acuan guru untuk menyusun materi ajar
•Membantu guru menetapkan tujuan/target pembelajaran, dan ekspektasi hasil yg diharapkan
•Membantu guru merespon perilaku siswa dalam pembelajaran

•Membantu mengenali ketidaknormalan/problem yg dihadapi siswa

ya begitu dulu ya berbaginya sob, silahkan dikembangkan dengan mencari refrensi akurat lainya. oh ya apabila ada kekurangan kesalahan mohon dikoreksi, karena mimin juga dalam tahap belajar :)

saekian terima kasih, see you next time guys
Salam Bio 14
Wassalamu'alaykum wr.wb
Selamat malam dan sampai jumpa


Comments

  1. seharusnya tulisannya di perbaiki agar orang2 yg ingin beljar bisa membacanya

    ReplyDelete
  2. siap admin akan lanjutkan mengelola website ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment